Sunday, March 31, 2013

Hujan Mana Yang Tak Basah

Sunday, March 31, 2013
Hujan itu berkah kan? Lantas kenapa masih ada keluhan; 'Duh, kok ujan sih?' atau 'Plis jangan ujan dong'. Kata-kata itu secara ngga langsung menyalahkan turunnya  hujan. Beberapa orang merasa turunnya hujan menggangu aktifitasnya. Yang akhirnya merek mengeluh seperti demikian. Padahal jika kita memahami hadits Nabi SAW, waktu turun hujan adalah saat mustajabnya doa. Artinya doa tersebut akan semakin mudah terkabul.

Ibnu Qudhamah Al-Mugnu mengatakan, dianjurkan berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan Nabi SAW bersabda, "Carilah do'a yang mustajab pada tiga keadaan: (1) Bertemunya dua pasukan (2) Menjelang sholat dilaksanakan (3) Saat hujan turun -- Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah dari Makhul secara mursal. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shohihul Jaami’ no. 1026.

Begitu juga hadits Sahl Bin Sa'ad, beliau berkata Rasulullah SAW bersabda, "Dua doa yang tidak akan ditolak: (1) doa ketika adzan (2) doa ketika turunnya hujan. -- HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078.

Dan doa yang paling baik dibaca kala hujan adalah: Allahumma shayyiban naafi'aa. Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. -- HR. Bukhari no. 1032, Ahmad no. 24190, dan An Nasai no. 1523.

Jadi masih mau ngeluh-ngeluh kalo ujan?

No comments:

Post a Comment

Design by saturday love sunday