Friday, April 27, 2018

Wedding Prep 3: Hunting Kain & Undangan!

Friday, April 27, 2018
Assalamualaikum.. Teman teman yang baik, postingan ini terbagi menjadi 2 ya tentang berbelanja kain dan berburu undangan pernikahan. Semoga bermanfaat..

  • Berburu Kain Di Pasar Mayestik
Tibalah waktunya berburu kain seragam, to be honest ini jadi bagian paling favorit loh karena seru aja gitu blusukan pasar, memilih kain, mencocokkan sana sini. Desember 2017 kemarin, pertama kalinya saya ditemani kakak tersayang pergi ke Pasar Mayestik, di Jakarta Selatan. Sebelumnya, kami berdua sudah mencari informasi tentang rekomendasi toko kain di Pasar Mayestik. Ohya, untuk baju nikahan sendiri, saya sewa sama wedding gallery. Jadi di pasar Mayestik ini, kami mencari kain seragam untuk keluarga dan braidesmaid. Wait, kenapa saya memutuskan untuk berbelanja kain di Pasar Mayestik? Saya jawab melalui postingan ini ya..


Tidak perlu thawaf karena toko kain yang kami tuju berada dibagian depan kompleks Pasar Mayestik. Nggak seperti pasar yang saya bayangkan sebelumnya, Pasar Mayestik ini isinya satu bangunan pasar dibagian tengah yang isinya berbagai macam kebutuhan juga ada foodcourtnya dan dikelilingi toko toko kain yang besar sehingga memudahkan kita untuk mencari toko tujuan. Tidak seperti di Thamrin City atau Tanah Abang. Hanya ada 2 toko yang saya dan kakak kunjungi di Pasar Mayestik, yang pertama Toko Kain Fancy. Pas baru masuk, kami disambut oleh pegawai toko yang ramah. Kain kebaya letaknya di lantai 4 , dan kami diantarkan naik lift didampingi oleh satu pegawai toko tadi.



Oh, this is happy place! Toko kainnya besar, ber AC, Berbagai jenis kain dengan banyak warna ada disini, dari harga yang rendah sampai harga tertinggi bisa kita pilih sendiri. Kami langsung mencari kain kebaya untuk keluarga. Berkali kali kami mencocokkan brukat dengan kain dalemannya dibantu dengan pegawai toko tadi. Pegawai tokonya ramah dan cekatan, setelah melewati fase bingung bin galau, akhirnya pilihan kami jatuh pada kain brukat semi prancis dan kain dalamannya velvet D&G. Untuk kain brukatnya sendiri itu potongan perkain (ukuran 2,5m) dan kain velvet D&G (harganya lupa). Langsung menuju kasir untuk proses pembayaran dan packaging kainnya tadi langsung dipisah perorang. Seru!





Hari itu masih siang, saya dan kakak memutuskan untuk mengecek ke toko sebelah, untuk melanjutkan pencarian kain.. Kami berlabuh pada satu toko kain dekat situ, namanya Mumbay Textile yang hanya berselang satu toko dari Toko kain Fancy. Bangunannya 3 lantai, berAC juga tetapi menurut saya penataan kainnya tidak serapi dan seluas toko sebelumnya. Meski begitu, pegawai tokonya nggak kalah ramah loh, sigap banget melayani kita dari awal mencari kain brukat, sampai ke kain velvet untuk bagian dalamnya, sigap mengambil beberapa gulung kain untuk dicocokkan, duh jadi pengen beli semua. Disaat bingung memilih kain, saya dan kakak ditawari minum ada air putih dan frestea, oke banget lah pelayanannya. Jenis kain di Mumbay Textile lebih variatif, dan ternyata harganya lebih miring dari toko sebelah. So happy! Kami membeli kain velvet untuk bridesmaid seharga Rp 30.000/m.




2 minggu kemudian, saya dan kakak kembali lagi ke Pasar Mayestik, banyak kain yang masih perlu dibeli. Akhirnya kami kembali lagi menuju Mumbay Textile mencari kain kebaya untuk keluarga yang belum, kain songket untuk rok bawahan kebaya, kain untuk jilbab, kain jas untuk ayah, bapak dan adik, serta kain balloteli untuk baju kurung abang. Duh makin banyak aja plastik belanjaan, tapi seru dan menyenangkan. Musholla juga ada di dua toko yang kami kunjungi, jadi makin nyaman belanjanya.




Tips Berbelanja Kain (ala Fisa):

1. Buat anggaran khusus untuk berbelanja kain.
2. Tentukan toko yang menjadi tujuan kamu untuk hunting kain.
3. Tentukan tema warna kain (mencocokkan dengan nuansa bajumu atau nuansa dekorasi pernikahan).
4. Catat nama-nama yang akan kamu berikan kain seragam, seperti keluarga inti, saudara, among tamu, braidesmaid. Kategorikan juga anak-anak/dewasa, laki-laki/perempuan. Bawa catatan ini saat akan berbelanja.
5. Tentukan model dan jenis kain yang akan dibeli. kalau perlu simpan di handphone semua model-model dress atau kebaya sebagai referensi.
6. Datang pagi ketempat tujuan, karena makin siang makin rame berdesakan. Kira-kira jam 9 sudah di TKP ya, apalagi weekend, nanti bisa mempengaruhi kenyamaman memilih atau belanja. Juga jangan lupa sarapan dulu karena pasti akan banyak menguras tenaga.
7. Bawa air mineral dan gunakan alas kaki yang nyaman.
8. Lakukan tawar menawar dengan penjual, apalagi jika membeli dalam jumlah yang banyak.
8. Konsisten, kuatkan iman. Jangan mudah tergoda dengan pilihan lain yang nggak sesuai catatan.
9. Beli sesuai rencana awal, perhatikan jenis bahan yang kita beli benar benar sesuai padu padan warnanya, kualitas kainnya.. supaya nggak salah beli.

Happy hunting girls! :)

********************************************************************************


  • Berburu Undangan Di Pasar Tebet Barat
Selain kain, saya memutuskan untuk memesan undangan di Jakarta karena supaya bisa handle sendiri, dan lagi Tebet letaknya tidak terlalu jauh dari kantor. jadi lebih mudah kalau harus bolak-balik. Sehari setelah mencari kain seragam, saya dan kakak yang masih setia menemani menyempatkan untuk mampir ke Pasar Tebet Barat untuk survey harga undangan. Waktu itu kami dari rumah nenek (di Jagakarsa, Jaksel) akan pulang ke kosan, makanya melipir dulu ke Pasar Tebet.


Sesampainya kami bertanya ke tukang parkir dimana tempat memesan undangan, dan beliau bilang di basement (sambil menunjuk arahnya). Bagian atas Pasar Tebet Barat adalah gedung Ramayana, sedangkan  dibasement ada banyak sekali toko undangan dengan model dan desain yang beragam dari mulai yang simple, dengan sentuhan tema tradisional, modern atau pun undangan berkarakter kartun ada disana. Banyak banget, seneng liatnya.. Disini kita bisa membuat undangan dengan template yang sudah ada, atau pun merequest sesuai selera kita sendiri. Selain itu, harga yang ditawarkan juga ekonomis, setiap toko rata-rata mematok harga dengan jumlah pemesanan 500 undangan. Lebih dari itu, bisa lebih murah dan sebaliknya.



Ohya, sebelumnya saya sudah mendapat rekomendasi tokonya dari seorang sahabat. Dia memesan undangan pernikahannya disana, Warna Warni Wedding Card namanya. Apa kalian pernah memesan undangan disini juga? Saya langsung bertanya tentang harga undangan disana, kisaran Rp 4.500 - Rp 20.000 tergantung bahan, model dan lamanya waktu pengerjaan. Undangan yang saya inginkan adalah model single hard dengan bahan laminasi, harganya Rp 7.000/pcs untuk minimal pemesanan 500pcs, sudah termasuk ucapan terimakasih dan kartu penukaran souvenir. Menurut saya, ini tergolong murah untuk harga di Jakarta, dibandingkan dengan harga di Cilegon.


Setelah bertanya-tanya saya langsung merasa klik dengan Warna Warni Wedding Card, karena Mas Oken (marketingnya) sangat komunikatif memberi tahu kami informasi tentang berbagai jenis undangan, undangan yang didisplay sangat variatif sehingga menarik untuk dilihat, selain itu Mas Adi (bagian desain) juga mudah mencerna apa yang kita mau, jadi tidak perlu menunggu lama bisa langsung jadi desain sesuai keinginan. Misalnya saja, saya menginginkan bunga yang sama persis dengan gambar yang sudah saya punya, saya tinggal kirim gambarnya nanti langsung dicrop dan dimasukkan ke desain undangan. Skillnya oke banget! Untuk undangan, saya sendiri memilih warna dusty rose sesuai dengan tema warna pernikahan saya yaitu rose petal (seperti gamber). Ohya, karena desain undangan ini adalah selera saya sendiri, saya sering meminta pendapat kakak untuk kesepakatan desainnya . Tapi jangan khawatir, Mas Oken dan Mas Adi juga memberikan saran saran jika kami bingung menentukan desain, model, bahan, jenis font dll. Jadi jangan malu bertanya ya.


Perhatikan juga lama waktu pengerjaannya ya. Proses cetak undangan biasanya memakan waktu 3-4 minggu, diluar waktu revisinya. Kalau mau lebih cepat biasanya ada tambahan biaya sekitar Rp 200.000. Di Warna Warni Wedding Card, revisinya pun tidak terbatas loh, lebih enak revisi langsung mendatangi tokonya saja supaya bisa lebih cepat dikerjakan, walaupun lewat email juga bisa. Dan awal Februari kemarin, undangan saya sudah jadi, susai banget hasilnya. Kemiripan warna pun 85% dengan aslinya. Padahal, biasanya Mas Adi bilang kemiripan warna di layar dengan aslinya sekitar 75%-80% saja. Alhamdulillah, puas banget. Kalau teman teman berencana mencetak undangan, coba deh mampir dulu ke toko Warna Warni Wedding Card, di Pasar Tebet Barat cocokkan dengan budget, dijamin harga dan kualitasnya oke banget..


Tips Memilih Undangan (ala Fisa):

1. Carilah desain kartu undangan yang kalian inginkan, simpan gambarnya di handphone sebanyak banyaknya sebagai referensi.
2. Carilah vendor yang cocok dengan desain dan budget kalian. Kalau bisa cari yang wajar dan tidak berlebihan, karena undangan akan sampai ditangan orang lain kemudian dibuang.
3. Pilihlah vendor yang dekat dengan tempat tinggal. Untuk menghemat biaya pengiriman dan memudahkan revisi pada desain kartu.
4. Tanyakan ke  pihak vendor, fasilitas apa yang kita dapat dengan harga yang diberikan, misal denah lokasi, kartu ucapan terimakasih, kartu penukaran souvenir, plastik undangan dll. Sebagai bahan pertimbangan kamu memilih vendor.
5. Jika bisa mendesain, desainlah undangan yang kamu inginkan sebelumnya. Jika tidak, deskripsikan desain undangan impianmu dengan baik, supaya mudah dipahami oleh yang mendesain.
6. Konsultasikan desain dengan pasangan, orang tua atau keluarga atau dengan marketing dan desainer undangannya.
7. Pastikan semua informasi yang kita berikan ke pihak vendor sudah benar.
8. Untuk desain, pilih font yang mudah dibaca. Hindari menggunakan font huruf sambung yang meliuk-liuk.
9. Perhatikan denah lokasi acara yang dibuat apakah sudah sesuai dengan kondisi sebenarnya. Detail nama tempat yang menjadi patokannya harus jelas, untuk memudahkan tamu dari luar kota.
10. Saat akan dicetak, perhatikan kembali desain undanganmu. Seperti penulisan nama mempelai dan gelar, nama orang tua dan gelar, waktu dan tanggal acara, tempat acara.





Warna Warni Wedding Card / Yellow Card
Loc: Pasar Tebet Barat
Lt. Basement Blok MKG
Jakarta Selatan
Telp. 021-8354350/089615821844
Instagram: Yellow Wedding Card

6 comments:

  1. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Zulfa,
    WA ( 089611648377 )
    IG ( Zulfa.hisbalaisartika )
    E-mail ( Zulfa.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  2. Hallo akang teteh calon pengantin..Aku mau rekomendasiin gedung pernikahan nih yang mewah tapi low budget di Kota Bandung.. Nah jadi di Bandung itu ada HIS BALAI SARTIKA yang bakal ngebantu nyiapin hari bahagia akang dan teteh mulai dari venue (Balai Sartika Convention Hall), catering, dekorasi, dokumentasi, entertainment, makeup, MC, Upacara Adat, Siraman & Pengajian, WO, pokoknya hampir semua kebutuhan pernikahan udah tercover semuanya. Menariknya lagi ada BONUS HONEYMOON PACKAGE DAN CASHBACK loh kalo booking di bulan ini!! Satu lagi nih kelebihan yang bisa didapat oleh akang dan teteh, yaitu kami akan bantu untuk negosiasi dan koordinasi dengan semua vendor, jadi akang dan teteh ga usah pusing lagi komunikasi sama vendornya. Menariknya nih, kalau akang teteh booking bulan ini itu udah pasti dapet promo menarik yaitu dapetin Iphone 8!!!! Gausah ragu akang teteh buat nanya dan konsultsi, langsung aja yu konsultasi mengenai pernikahannya ke aku via WA +6281312214233. Free konsultasi loh..

    ReplyDelete
  3. Hallo Kaka-kaka Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan!! Serta kita ada BONUS loooh tanpa diundi!!

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  4. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin,

    Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

    Sebelumnya apakah Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya.

    PAKET SUDAH TERMASUK :
    1. Venue full carpet di Balai Sartika Convention Hall.
    2. Catering - Bebas memilih vendor.
    3. Dekorasi all area - Bebas memilih vendor.
    4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih vendor.
    5. Dokumentasi Prewedding-Siraman-Akad-Resepsi.
    6. Music Entertainment - Bebas memilih vendor.
    7. Upacara Adat.
    8. MC Akad & Resepsi.
    9. Acara Adat Siraman & Pengajian.
    10. Wedding public relations & wedding planner untuk calon pengantin.
    11. Wedding executor by HIS.

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC.
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal.
    3. Ruang rias ekslusif.
    4. 350 kursi permanen, sudah termasuk listrik 15.000 watt & genset.
    5. Service dari Wedding Public Relations, Wedding Planner & Wedding Executor di HIS Balai Sartika.
    6. Free Charge Kebersihan, Free Charge Masjid dan Akses Tol & Jalan Mudah.
    7. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin.
    8. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica Valenti), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Balai Sartika di Jalan Suryalaya Indah no 1-3 Bandung.

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM : @his_balaisartika

    Diantos Akang Teteh..

    ReplyDelete
  5. ㅤㅤㅤㅤ
    PERCETAKAN UNDANGAN PERNIKAHAN
    CETAK UNDANGAN NIKAH
    SPESIALIST CETAK UNDANGAN

    Model desain, warna dan motif bisa diganti sesuai request kalian ya, bisa pakai photo prewedd dan bisa di revisi tanpa batas sampai kalian ACC !!! FREE


    Kertas IVORY/ART CARTON
    cetak full warna
    Desain dan warna Bisa di custom / di rubah rubah


    1000pcs @ 1800.
    900pcs. @ 1850.
    800pcs. @ 2000.
    700pcs. @ 2200.
    600pcs. @ 2400.
    500pcs. @ 2600.
    400pcs. @ 2800.
    300pcs. @ 3500.
    200pcs. @ 5100.
    100pcs. @ 8300.

    Instagram : abegoo_wedding
    WhatsApp : 0896 3868 9669


    Percetakan ABEGOO
    Jln Godean km 7.5 Karanglo Sidomoyo Godean Sleman Yogyakarta(selatan selokan Mataram ya)

    ReplyDelete
  6. ㅤㅤㅤㅤ
    PERCETAKAN UNDANGAN PERNIKAHAN
    CETAK UNDANGAN NIKAH
    SPESIALIST CETAK UNDANGAN

    Model desain, warna dan motif bisa diganti sesuai request kalian ya, bisa pakai photo prewedd dan bisa di revisi tanpa batas sampai kalian ACC !!! FREE


    Kertas IVORY/ART CARTON
    cetak full warna
    Desain dan warna Bisa di custom / di rubah rubah


    1000pcs @ 1800.
    900pcs. @ 1850.
    800pcs. @ 2000.
    700pcs. @ 2200.
    600pcs. @ 2400.
    500pcs. @ 2600.
    400pcs. @ 2800.
    300pcs. @ 3500.
    200pcs. @ 5100.
    100pcs. @ 8300.

    Instagram : abegoo_wedding
    WhatsApp : 0896 3868 9669
    Google Maps : Undangan abegoo


    Percetakan ABEGOO
    Jln Godean km 7.5 Karanglo Sidomoyo Godean Sleman Yogyakarta(selatan selokan Mataram ya)

    ReplyDelete

Design by saturday love sunday