Sunday, April 14, 2013

Egoku Di Level Rendah

Sunday, April 14, 2013
Pagi-pagi gini udah pengen ngepost aja. Saya hobi marah-marah pada hal kecil yang ngga sesuai sama selera saya. Yang paling sering sih ngomel sama waiter kalo pesenan lama dateng atau salah. Hak kita juga kan ya, bahasanya nisa (mhs jurusan hukum) sih hak perlindungan konsumen gitu. Etapi ini serius, saya beberapa kali mengunjungi tempat makan sama teman-teman saya ceritanya ya mirip-mirip. Saya ceritakan bagian yang melekat diingatan saya ya.

Pertama pas buka puasa di salah satu rumah makan bebek goreng di Cilegon, sebenernya ngerti sih karena waktu itu posisinya menjelang buka puasa dan semua meja full jadi ya agak lama. Tapi keburu ngga sabar sih, jadilah aku bolak balik ke arah dapur untuk nanyain pesanan saya dan teman-teman dengan nada bicara yang ngga biasa, temen saya yang mengetahui hal ini sampe geleng-geleng kepala. Hihi

Kedua, di salah satu tempat karaoke di Cilegon pun juga, saya sempat beberapa kali komplain karena perbedaan waktu per sesi-nya. 60 menit (sejam waktu normal) di bill tertera hanya 45 menit. Jelas ngga sinkron gitu dan cuma saya yang bener-bener berani (dan emang niat) bilang ke mbak resepsionisnya. Sekali lagi, mereka menyanggah dan bilang kalo sebenernya waktu di komputernya masih jalan. Padahal saat itu big screen-nya aja udah mati. Ini ngga hanya sekali.

Ketiga, baru-baru kemarin pas libur semester mampir ke salah satu warung yang jual sop duren, di Serang. Saya sama temen-temen dateng berdelapan. Itu juga posisinya warung lagi rame dan pesanan kita tak kunjung datang. Jadilah saya mendatangi mbak kasir, yang pas saya lagi mau mendekat dia udah semacem siap jawab untuk ditanya. Saya bilang; “Mbak, meja 21 udah daritadi kok belum dateng ya?”. “Ohh, iya sebentar ya kak,” kata mbaknya. Saya balik ke meja nerusin obrolan sama temen-temen. Disitu saya bilang sama temen saya, laki-laki; “Say, kok aku bawaannya pengen marah terus ya?”. “Lah, emang kapan lo pernah ga marah coba,” temen saya menjawab, lah saya bisa apa hahahah.

Terus yang terakhir yang agak bikin saya paling ‘ihh banget’ itu di warung pempek favorit saya. Kebetulan masih berada di satu lingkungan kompleks yang sama, tak jauh dari rumah. Pempeknya enak, kesukaan saya dan nisa sejak SMP. Beberapa kali kita makan disana, tapi mendapat respon yang kurang baik dari mbak yang jual. Apalagi kalo bukan dijutekin, sinis, unfriendly banget pokoknya. Itu yang bikin jadi males kesana, padahal pengen pempeknya. Setiap pulang darisana, pasti saya dan nisa ngomel sendiri sambil cerita ke bunda tentang hal itu. Bunda saya malah menyuruh saya untuk istighfar. Beliau bilang, saya semakin besar semakin judes saja, padahal dulu kecil ngga.

Beberapa hari setelah itu, bunda saya meminta tolong untuk membeli pempek di tempat itu (lagi). Dalam jumlah yang cukup banyak dan varian yang berbeda-beda. Jadilah saya  mengelak dulu sebelum akhirnya mengiyakan *ini ga patut dicontoh banget ya*.  Saya pun mengiyakan sambil bilang; “Bun, tapi tuh malesin ihh. Mbaknya gitu banget sama aku.” Bunda aku malah dengan santainya jawab;  “Istighfar nak. Maklum sih mbaknya itu kan emang gap inter, lulusan sd atau smp aja kali. Kalo kamu  malah marah-marah gitu apa kamu ga lebih beg* dari dia. Makanya angan gitu.” Duh, itu kata-kata bunda saya jleb banget kan. Seketika langsung mikir, mikir banyak-banyak.

Saya langsung menyudahi seketika pembicaraan hal itu, karena saya tahu ayah paling tidak suka saya bersikap seperti itu. Sebelumnya saya, nisa dan bunda berbicara tentang hal yang sama, dan ayah denger. Beliau spontan komentar; “Lah udah sih, yang kayak gitu ngga usah  diomongin. Diem aja. Yang penting kita udah dapet, udah makan pempeknya sekarang.” Simple banget kan? Ya begitulah, tipe ayah saya yang berdarah Jawa.

OMG, gimana saya ngga spontan merasa bersalah banget. Merasa masih kaya anak kecil. Ngontrol ego dengan level serendah ini aja belum bisa. Hihi. Terus belajar ngehargai pekerjaan orang juga sih. Ini point paling penting.  Sebelumnya temen pernah cerita juga, tentang suka dukanya di dunia kerja, demi selembar uang sampe dimarah-marahin orang lain, dimaki ga karuan. Kan kasian. Open minded aja sih, sekarang plus think positif dimulai dari hal-hal kecil kaya gini biar (agak) dewasa. Selamat senin! Selamat bekerja! Semoga apa yang kita lakukan senantiasa jadi berkah ya ;)

"Seberapa pun berat hidupmu, kamu tetap bisa memilih jadi pribadi yang baik. Seberapa pun baik hidupmu, kamu tetap bisa memilih jadi pribadi yang buruk. Menjadi pribadi yang baik atau buruk itu pilihan. Kamu yang menentukan bukan orang lain". -- falafu


Note:

Saya menulis ini ketika sedang memikirkan ini sebagai hal yang lucu, geli sendiri aja kalo inget. And readers, plis be smart ya. Saya tidak menyudutkan siapa-siapa kok. Posting ini dimaksudkan hanya untuk perbaikan diri saya aja. Thankyou.

No comments:

Post a Comment

Design by saturday love sunday