Sunday, April 21, 2013

Kartini Muda Masa Kini

Sunday, April 21, 2013
Yippiii, Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan sejati Indonesia!

Sejarah diperingatinya hari Kartini pada tanggal 21 April adalah setelah ditetapkan oleh presiden Soekarno dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964 tertanggal 2 Mei 1964 dimana Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan sekaligus menetapkan hari lahirnya yaitu tanggal 21 April diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian kita kenal sebagai Hari Kartini.

Dengan bukunya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, Ia menggambarkan penderitaan perempuan Jawa akibat kungkungan adat, yaitu tidak bisa bebas duduk dibangku sekolah, harus dipingin, dinikahkan dengan lelaki tak dikenal, dan harus bersedia dimadu.

Pandangan -pandangan kritis lain yang diungkapkan Kartini adalah kritik terhadap agamanya. Ia mempertanyakan mengapa kitab suci harus dilafalkan dan dihafalkan tanpa diwajibkan untuk dipahami. Ia mengungkapkan tentang pandangan bahwa dunia akan lebih damai jika tidak ada agama yang sering menjadi alasan untuk berselisih, terpisah dan saling menyakiti. " ...Agama harus menjaga kita dari berbuat dosa, tetapi berapa banyaknya dosa diperbuat orang atas nama agama itu..." Kartini mempertanyakan tentang agama yang dijadikan pembenaran bagi kamu laki-laki untuk berpoligami. Bagi Kartini lengkap sudah penderitaan perempuan Jawa yang dunianya hanya sebatas tembok rumah.


***

Beberapa hari yang lalu, saya sempat mengomentari status teman saya di jejaring sosial. Waktu itu sedang dalam suasana panas setelah menonton show X-Factor Indonesia. Kebetulan kemarin tidak ada kontestan yang tereliminasi, beralih memperingati Hari Kartini, sehingga Rossa dan Anggun tidak mengetahui skenario ini sebelumnya. Intinya teman saya melalui akun twitternya bilang; Pake acara Kartini-kartinian. Kaya tau aja Ibu Kita Kartini dimakamkan dimana. Saya spontan jawab Jepara karena yang saya ingat saat itu adalah Kartini memiliki hubungan erat dengan Jepara. Dia bales retweetan saya, Weh salah. Wah berarti bukan Kartini sejati. Mengetahui hal itu, saya langsung meralatnya dengan Kota Rembang.

Ih, malu banget sebenernya. Mungkin saya termasuk salah satu yang dia bilang kartini-kartinian waktu itu ya. Bahwa nyatanya banyak sekali orang-orang yang mengetahui hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April, identik dengan kebaya dan bersanggul, sebatas itu saja. Sangat disayangkan, padahal menurut saya pemaknaan terhadap hari kartini lebih dari itu, wanita memiliki peran ganda berkarier dan menjadi ibu rumah tangga. Kita wanita sejati yang tidak lemah, lebih berguna bagi orang sekitar dan lingkungan., bangsa Indonesia.

So what are Kartini's Day mean for you, lovely reader?


Dan inilah potret Kartini muda masa kini versi saya. Adik sepupu saya, Iqlima Zeta Ihsan, 3 tahun..





Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kartini
http://www.infonews.web.id/2013/03/sejarah-hari-kartini-21-april.html

No comments:

Post a Comment

Design by saturday love sunday