Sunday, May 5, 2013

Gunung Api Purba

Haaayy, gasabar udah pengen cuap-cuap dari kemaren. Tapi karena padetnya aktivitas ya jadi baru bisa posting lagi sekarang. Mau nyeritain pengalaman yang seru hari sabtu kemaren, naik gunung cuy!

Jadi awalnya siang itu tyo bbm, ngajakin mau ikut ke Gunung Api Purba. Aku jelas ga asing sama namanya, sering diceritain temen. Kebetulan siang itu lagi ngga ada planning kemana-mana juga. Yaudah langsung mau aja, siap-siap. Tyo asik banget bbm-nya nyuruh jangan pake wedges, jangan pake rok, pake kaos aja,gausah make-up, inilah itulah. Tapi disuruh tetep modis. Doski ngerti gue banget kan ya. Kita pergi berenam, 3 cewek, 3 cowok. Tyo, olite, anton (mereka childhood-mate gue dari dulu), terus ceweknya aku, nisa, nysa (pacar tyo). Berangkat jam 2, sampe sana jam 3. Lokasi di Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Olite - Gue -Nisa - Nysa - Tyo - Anton

Kita naik udah hampir setengah 4. Panasnya kaya gini, subhanallah. Gunung Api Purba udah jadi objek wisata. jadi rame banget yang kesana, anak-anak kecil pun ada loh. Kita semangat naik terus, sampe di pos-pos yang ada disana, kita sempet berhenti sebentar. istirahat. Pas  di pos 2 tuh, gue ngerasa capek banget. Mengurungkan niat untuk naik sampe atas, tapi dipengaruhin yang lain tetep terus. Naik lagi! Sampe pos 3 ini kita berhenti agak lama karena hujan dan karena kondisi nisa agak drop waktu itu. Kita sedikit panik, kurang air. Tapi alhamdulillah, we can handle it. Nih sempet foto dulu.

Gue sama nisa tadinya mengurungkan niat nerusin perjalanan (lagi) tapi berhasil dipengaruhi temen-temen. Mereka juga ngga mau ninggal kita lama di pos. Takut ada apa-apa, katanya. Di jalan tuh ga hentinya ngucap Allahuakbar. Gue sama temen-temen udah lama ngga latihan fisik kaya gini. Udah lama ngga ngeliat pemandangan sekece ini. Yaudah kondisi abis ujan, perlananan kita kanjut lagi menuju puncak. Daaann, ini medan persis sebelum sampe puncaknyaaaa..

Suhanallaaahhh. Kita sampe puncak jam setengah 5 sore, disambut angin kenceng dan langit yang ga terlalu cerah. Tapi feelingnya lepas banget. Subhanallah, kuasa Tuhaaan. Nothing can't describe.

Sebentar aja kita di puncak, karena ngejer waktunya. Jam 5 kita turun, itu posisi lagi ujan lumayan deres. Oh ya, Gunung Api Purba Nglanggeran ini tingginya sekitar 700 mdpl. Cerita turunnya jangan tanya, kondisi mulai gelap, adzan magrib udah kedengeran. Jalan licin. Kita bawa senter cuma satu, dan ada bantuan flash hape satu. Plus jalan pulang yang kita pilih beda dari jalan berangkat. Lebih terjal. Kebayang gimana kita jalan lewat celah diantara dua bongkahan batu besar. Bawahnya pun batu-batuan licin. jadi kita jalannya badan dipepetin ke tembok batu, dan tangan ditembok batu lainnya buat nyanggah. Gimana ngga mau nangis? tapi malu. Gimana mau ngeluh ini itu? Tapi ngga mungkin. Seruuu! Cowok-cowoknya beneran pada ngawal kita satu-satu. Kerasa banget kebersamaannya

Alhamdulillaaaahh, jam 7 malem kita baru sampe posko bawah dan parkiran motor. It was amaziiinggg day! Thankyou Allah. And you are rock, guys!

Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sabtu, 4 Mei 2013.