Monday, January 19, 2015

Movie Review: HIJAB (a film by Hanung Bramantyo)

Monday, January 19, 2015

Genre : Drama
Rilis Perdana : 15 Januari 2015
Durasi : 100 Menit
Studio : Dapur Film
Director : Hanung Bramantyo
Producers : Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca, Haykal Kamil
Casts : Zaskia Adya Mecca, Carissa Putri, Tika Bravani, Natasha Rizki
Mike Lucock, Ananda Omesh, Nino Fernandez, Dion Wiyoko
Sophia Latjuba, Jajang C. Noer, Meriam Bellina, Rina Hasyim
Ust, Ahmad Al-Habsyi


Siapa bilang perempuan mandiri gak butuh laki-laki? Laki-laki itu pelengkap buat setiap perempuan. -Tata

Assalamu'alaikum.

Alhamdulillah, rabu (15/Jan) lalu berkesempatan dateng ke acara "Meet&Greet and Nobar Film Hijab" di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta. Yang datang Meet and Greetnya waktu itu Zaskia Adya Mecca, Haykal Kamil  dan Hanung Bramantyo. Seru banget acaranya, cerita Kak Ia tentang pembuatan film ini juga gak nyangkaaa, ternyata awal Kak ia berhijab karna 'terjebak' semoga menginspirasi muslimah lainnya ya kak hihi. Dan akhirnya ketemu Mas Hanung lagi setelah pertemuan pertama tahun 2009 lalu, di 21 Amplaz juga pas roadshow Film Ayat-Ayat Cinta. Appreciate all your movie, mas! Sukses terus Dapur Film nya.

Bia, Tata, Sari dan Anin adalah 4 orang sahabat. Tiga diantaranya menggunakan hijab dengan gaya sesuai karakter mereka masing-masing; Bia dengan jilbab yang modisnya. Tata dengan turbannya dan Sari dengan hijab syar'i nya. Mereka semua pun sudah menikah dan punya cerita seru masing-masing dari awal berhijab dan selama perjalanannya sampei sekarang. Kecuali Anin, dia belum berhijab  dan belum menikah.

Suami mereka termasuk tipe-tipe suami yang melarang istrinya bekerja. Apalagi suami Sari, Gamal namanya. Berdarah Arab yang paling mengecam istrinya untuk bekerja. katanya kodratnya istri itu di rumah, ngurus suami, anak. Hingga suatu hari mereka punya ide untuk menjalankan bisnis: fashion Hijab secara online! Dengan modal dari pinjaman sana sini, tentunya bisnis ini mereka rahasiakan dari para suami, iya diam diam. Dan mengejutkan, bisnis yang baru seumur jagung itu pun berkembang sangat pesat. Orderan datang dari berbagai kota, sampai akhirnya mereka memutuskan untuk membuka showroom alias butik offlinenya.

Sepanjang perjalanan mereka dengan bisnisnya, banyak banget konflik-konflik yang muncul. Bahkan dipuncak keberhasilan fashion Hijab pun, keharmonisan rumah tangga mereka terancam berantakan. Lalu bagaimana mereka mengatasi semuanya? Akankah mengorbankan bisnisnya demi keluarga? Atau sebaliknya? Yuk nonton segera di bioskop kesayangan Anda, hihi.

Ini cerita khas ibu-ibu muda banget yang berusaha mandiri melunturkan predikat istri yang 'ikut suami'. Alurnya ringan dan ngga berat. Disajikan dengan banyak kekonyolan yang lucu dan nggak ngebosenin. Ceritanya deket banget sama kehidupan sehari-hari. Dann.. film ini juga ga mesti ditonton sama cewek-cewek berhijab loh. Yang lain yang belum berhijab boleh banget nonton, siapa tau menginspirasi, inshallah. Aamiin.

Terimakasih teman-teman Hijabers Community Yogyakarta dan Indonesian Hijab Blogger atas keseruannya kemarin. Loveyaaa!

And.. Sukses Kak Ia dan Mas Hanung, you both do a great job! Hijab Movie such an inspiration..







4 comments:

  1. Dari reviewnya, film terlihat menarik. Tp disisi lain bnyk juga yg kontra sama film ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Open minded aja kak nontonnya. Happy watching, dear :)

      Delete
  2. Hai Ulfaa.. salam kenal yaa... :D

    ReplyDelete

Design by saturday love sunday