Saturday, April 7, 2018

Wedding Prep 2: Wedding Planning Checklist

Saturday, April 7, 2018
Assalamualaikum..


Hai! Selamat datang bulan April. Masih tentang persiapan pernikahan yang latepost ya.. beranjak dari pengalaman kemarin, pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang beberapa hal yang penting menuju wedding day. Menikah adalah peristiwa besar yang terjadi dalam kehidupan seseorang, menyangkut ikatan antara dua insan melalui janji suci pernikahan. Semua orang pasti ingin mempersiapkannya secara dengan detail, dan jauh hari sebelumnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.


Kita pasti ingin pernikahannya berjalan lancar dan tanpa rintangan. Lalu apa saja sih, yang harus dipersiapkan? Yang pertama persiapan mental tentunya, disamping itu banyak persiapan fisik yang cukup menguras tenaga ribet dan segambreng huhu. Tapi tetep semangat dong ya. yuk kita list satu-satu:

  • 1. Wedding Budget

Banyak pasangan yang siap menikah, tapi terhambat faktor biaya sehingga tidak banyak mereka yang takut menikah. Maka dari itu, pertama yang dilakukan adalah membuat wedding budget. Perhitungannya harus jelas, supaya bisa menjadi acuan saat nanti mengkonsep acara dan mulai mencari vendor. Jangan lupa melebihkan budget untuk mengantisipasi biaya biaya tak terduga.

  • 2. Tanggal Acara
Pict from pinterest

Keputusan tentang tanggal pernikahan ini banyak juga yang menggunakan hitungan tertentu untuk menentukan hari baiknya, dalam adat jawa dikenal dengan istilah weton. Perhitungan weton (CMIIW) digunakan untuk menetapkan tanggal yang bagus bagi kedua calon pengantin. Kalau dikeluarga saya sendiri, tidak ada perhitungan khusus untuk menentukan tanggal pernikahan. Karena menurut kami, semua hari adalah hari baik.

  • 3. Venue atau Tempat Acara

Setelah menentukan anggaran biaya, tanggal acara, mulailah menentukan tempat acara, apakah mau dirumah, digedung indoor atau outdoor? Untuk lokasi sih balik lagi ke selera masing-masing ya, bisa karena beberapa alasan biasanya menentukan tempat acara pernikahan. Misal suasananya, jumlah tamu yang diundang dan lainnya. Tapi seringnya, terkendala tanggal kosong yang tersedia. Jadi lebih baik, booking dari sebelum-sebelumnya. Lebih disarankan DP dulu untuk booking tanggal.

  • 4. Catering
Pict from pinterest

Mencari catering bisa dilakukan dengan bertanya ke teman-teman dekat, atau menelpon langsung untuk mendatangi lokasi catering. Sebaiknya juga melakukan food tasting untuk menjamin rasa, kualitas dan kelayakan makanan. Lebih mudah lagi kalau vendor catering yang dipilih, sudah menyediakan paket untuk menu buffet dan pondokannya.

  • 5. Make Up & Wardrobe

Keduanya harus benar-benar diperhatikan, apakah busana pengantin nanti mau jahit sendiri, sewa baju yang sudah ada atau sewa perdana. Juga make upnya, mau yang adat atau tidak. Semuanya tergantung kita, untuk jahit ataupun sewa perdana, diperkirakan juga lama proses pengerjaannya, model dan jenis bahan yang diinginkan.

  • 6. Dekorasi
Pict from pinterest
Dekorasi ini menyesuaikan dengan tema pernikahan kalian, kalau konsep pernikahan sudah matang, tak sulit lagi menentukan dekorasinya, misalnya mau diluar atau didalam ruangan, dengan adat auat tidak. Dekor nantinya akan menyesuaikan, termasuk didalamnya tema warna untuk pernikahan ya.

  • 7. Dokumentasi

Ini nggak kalah penting! Karena melalui fotolah nanti kita akan mengenang hari pernikahan. Jadi selektiflah memilih kang foto ya, kalau sudah ketemu dengan vendor dokumentasi, ajak fotografer untuk berdiskusi sedikit tentang foto dengan tone seperti apa yang kita inginkan.

  • 8. Undangan & Souvenir
Pict from pinterest
Yang paling menarik, mencari vendor undangan dan sovenir. Untuk undangan sendiri, sebaiknya didata dulu supaya memudahkan kita untuk tahu perkiraan jumlahnya. Siapkan minimal 2 bulan, karena prosesnya panjang dari pemilihan model dan bahan, desain, acc desain, hingga proses cetak undangannya. Souvenir pun sama, harus diperkirakan lama pengerjaannya, apalagi jika itu costumize dalam jumlah yang banyak bisa disiapkan minimal 2 bulan sebelumnya. Saya sendiri, dalam pemilihan souvenir, sangat mempertimbangkan manfaatnya, yang paling bisa digunakan oleh banyak orang.

  • 9. Mahar, Cincin Nikah & Seserahan

3 item ini penting juga loh, dan nggak banyak narasi karna sesuai kemampuan masing masing aja. Tapi mesti disiapkan juga, apalagi cincin untuk model yang sesuai keinginan, butuh waktu sebulanan proses pembuatannya.

  • 10. Entertainment

Mau dibawakan seperti bagaimana, wedding kalian nanti tergantung dari lagu yang dimainkan oleh band dan penyanyinya. Sebaiknya (dan kalau kamu punya banyak waktu), dibuat list lagunya dulu, supaya penyanyi dan teamnya bisa berlatih sebelum acara.

  • 11. Upacara Adat 

Ini termasuk dari serangkaian acara wedding, mau pakai upacara adat daerah asal dari kita, orang tua, atau tidak sama sekali. Bisa didiskusikan dulu dengan pasangan, atau keluarga. Karena ini nanti berhubungan dengan busana, make up dan dekorasi.

  • 12. Wedding Organizer

Ini opsional saja, perlu atau tidaknya kita sendiri yang menentukan. Biaya juga dipertimbangkan ya, karena tidak murah untuk menggunakan jasa wedding organizer. Supaya terorganisir kalau memang perlu, kamu bisa cari vendor WO dengan meminta rekomendasi sama teman, atau kerabat.

  • 13. Pendaftaran ke KUA
Pict from pinterest
Untuk pasangan calon pengantin yang berbeda provinsi atau berbeda pulau, disarankan untuk mengurus surat-surat yang dibutuhkan untuk pendaftaran ke KUA dari jauh hari. Pertama, mengurus surat dari kecamatan dan KUA dari wilayah CPP (termasuk didalamnya surat pengantar nikah untuk dibawa ke KUA kecamatan akad nikah). Ditempat CPW, mengurus surat pengantar nikah (tandatangan RT & RW) untuk dibawa ke kelurahan. Kemudian ke kelurahan dengan membawa berkas CPP, KTP kedua calon, KK kedua calon, pas foto serta mengisi surat-surat lain yang dibutuhkan untuk ke dibawa ke KUA. Selanjutnya, mendaftarkan waktu dan tempat dilaksanakannya akad nikah di KUA kecamatan dengan membayar Rp 600.000 ke bank, yang kemudian slip setorannya diberikan lagi ke KUA kecamatan. 

  • 14. Perawatan Tubuh
Banyak salon kecantikan yang menawarkan paket pra nikah, tapi kalau tidak cukup waktu untuk pergi ke salon sekalian menghemat pengeluaran, kita bisa juga melakukan perawatan sendiri dirumah. Seperti massage, lulur, body scrub, perawatan wajah (peeling, facial, masker, atau totok wajah), menicure, pedicure, creambath, mandi susu, hingga perawatan mulut dan gigi.

Itu dia tadi hal-hal yang perlu kamu persiapkan menuju hari bahagiamu. Yang perlu diingat, nggak semua persiapan pernikahan itu menyita waktumu. Yang penting mematangkan rencana, menyusun konsep dan menentukan tanggal. Selebihnya mencari vendor yang sesuai. Kalau perlu, kamu bisa membuat wedding planning sendiri supaya lebih teratur. Selain itu, peran serta keluarga dan sahabat juga sangat membantu. Jangan sungkan untuk melibatkan saudaramu, atau sekedar meminta pendapat, bertukar pikiran ataupun meminta mereka untuk jadi panitia pernikahan.

And the last but not least, jaga kesehatan! Banyakin minum vitamin, dan menjaga pola makan. Ohya, yang nggak kalah penting kamu juga perlu menyiapkan mental untuk menyandang status barumu, hak, kewajiban dan tanggung jawab yang besar di depan mata. Pasti banyak yang berbeda dari kehidupanmu sebelumnya. Nggak ada salahnya memperbanyak introspeksi diri supaya jadi lebih baik lagi. Mendekatkan diri sama Allah, berdoa, memperbanyak ibadah sunnah, minta petunjuk supaya dimudahkan jalannya dan berjodoh dunia akhirat dengan suamimu.

Semangat mempersiapkan, ya :)

No comments:

Post a Comment

Design by saturday love sunday