Sunday, June 5, 2016

Assalamu'alaikum Ramadan!

Sunday, June 5, 2016

Assalamu'alaikum! Udah lama ga weekend getaway, biasanya weekday terus sih hehe. Kali ini saya berkunjung ke Taman Wisata Kaliurang, taman yang bisa dibilang asik suasananya sejuk untuk cerita-cerita atau sekedar taking pictures. HTMnya pun murah hanya 8.000/orang. Saat itu, taman tidak seramai saat saya kunjungi sebelumnya, jadi makin luas gitu. Anyway, ga kerasa besok kita akan memasuki bulan Ramadan. Bulan yang paling ditunggu-tunggu, cerita tentang pemaknaan Ramadan boleh kan yaaa..

Salaam Ramadan. Mengulas sedikit, Ramadan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah  dalam bulan ini umat muslim melakukan aktivitas seperti berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Lailatul Qadar, serta memperbanyak membaca Alquran, membayar zakat fitrah dan diakhiri dengan merayakan Idul Fitri atau hari kemenangan

Jujur deh, bulan yang paling dirindukan Bulan Ramadan bukan? Kenapa? Karna di Bulan ini, banyak sekali celah atau kesempatan kita untuk beramal baik atau pun melipat gandakan pahala. Bulan penuh rahmat dan ampunan. dan satu hal yang patut disyukuri adalah, alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan Ramadan taun ini. Maha besar Allah. Terus, apa nih perbaikan perbaikan pada diri kita diri kita di Ramadan ini? Saya pribadi sih meningkatkan intensitas tadarus Al-qur'an. Syukur-syukur bisa khattam. Aamin! Bukan cuma tadarus, tapi lebih tepatnya meningkatkan kualitas ibadah sunnah.

Ramadan dapat dimaknai sebagai bulan untuk 'mengasah' jiwa, 'mengasah' ketajaman pikiran dan kejernihan hati, sehingga dapat membakar sifat-sifat tercela dan lemak-lemak dosa yang ada dalam diri kita. Salah satu nama lain untuk Ramadan adalah Syahr al-Qur'an (bulan Alquran), karena pada bulan inilah Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, kitab-kitab suci yang lain: Zabur, Taurat dan Injil juga diturunkan pada bulan yang  sama. Betapa mulianya bulan ini..

Jadi, Ramadan adalah bulan yang sangat sarat makna yang kesemuanya bermuara kepada kemenangan, yaitu: kemenangan Muslim yang berpuasa dalam melawan hawa nafsu, egoisitas, keserakahan, ketidakjujuran. Dan sebagai bulan jihad, Ramadan harus dimaknai dengan menunjukkan prestasi kinerja dan keimanan individual serta sosial. Semoga ibadah kita bulan ini diberi kelancaran, serta direzekikan bertemu Lailatul Qadr aamiin! Ramadan Kareem, Ramadan Mubarak!






*ps: will posting more photo soon!

Pict taken by Bang Enda
Location: Taman Wisata Kaliurang, Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

Design by saturday love sunday